Inilah 6 Infeksi Bakteri Penyebab Demam

Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37oC yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga merupakan pertanda bahwa sel antibodimanusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Demam yang melebihi 3 hari mungkin merupakan malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk lainnya. Penanganan demam biasanya dengan diberikan obattipire misalnya golongan acetaminopen.

Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria) adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri. Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks.

Bakteri dapat ditemukan di hampir semua tempat: di tanah, air, udara, dalam simbiosis dengan organisme lain maupun sebagai agen parasit (patogen), bahkan dalam tubuh manusia. Pada umumnya, bakteri berukuran 0,5-5 μm, tetapi ada bakteri tertentu yang dapat berdiameter hingga 700 μm, yaitu Thiomargarita. Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel tumbuhan dan jamur, tetapi dengan bahan pembentuk sangat berbeda (peptidoglikan).Beberapa jenis bakteri bersifat motil (mampu bergerak) dan mobilitasnya ini disebabkan oleh flagel.

Inilah 6 Infeksi Bakteri Penyebab Demam

  1. Staphylococcus : adalah jenis bakteri yang paling sering menyebabkan gangguan kulit, biasanya untuk penderita kanker maka infeksi bisa menjadi lebih buruk. Pemberian obat antibiotik untuk menyembuhkan infeksi sangat diperlukan.
  2. Streptococcus : adalah jenis bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada bagian kulit. Beberapa penderita juga bisa mengalami infeksi di bagian dalam tubuh seperti di paru-paru. Jika kondisi ini terjadi maka bisa menyebabkan peradangan yang bisa menyerang bagian tubuh yang lain.
  3. Clostridium difficile : ini termasuk jenis bakteri yang disebabkan karena tubuh menerima antibiotik dalam jumlah yang berlebihan dan terus menerus. Hal ini bisa menyebabkan bakteri berkembang di saluran pencernaan dan sangat berbahaya. Gejala yang paling sering terjadi adalah demam, diare, mual dan muntah.
  4. Listeria monocytogenes : bakteri ini menyebar lewat makanan yang sudah terkontaminasi bakteri. Kondisi ini biasanya paling sering terjadi pada orang yang sensitif seperti bayi dan ibu hamil. Beberapa jenis makanan yang sering menyebabkan kontaminasi bakteri ini seperti sayuran mentah, daging yang sudah lama disimpan dalam kulkas, susu dan olahan daging yang dibakar.
  5. Pseudomonas : ini adalah jenis bakteri yang bisa menyebar lewat lingkungan seperti udara, tanah dan air. Kondisi bisanya paling sering terjadi pada orang yang mudah sakit dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk. Orang yang baru pemulihan dari sakit karena perawatan lama di rumah sakit juga lebih rentan terhadap bakteri ini.
  6. Escherichia coli (E. coli) : ini adalah jenis bakteri yang sering ditemukan pada usus. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh menjadi demam, sakit perut dan diare.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s