Inilah yang terjadi pada tubuh saat demam

Inilah yang terjadi pada tubuh saat demam
Saat kita mengalami demam, temperatur tubuh di atas batas normal yaitu dari 36,5 sampai 37,5 derajat Celsius. Demam dapat disebabkan banyak jenis penyakit, dan tergantung dari penyebabnya, demam dapat menjadi indikasi bahwa sesuatu yang tidak berbahaya atau serius sedang terjadi. Cara paling akurat untuk mengukur demam adalah dengan menggunakan termometer, tetapi jika tidak ada termometer sama sekali, ada beberapa cara memahami gejala demam untuk membantu bila memerlukan pertolongan medis.

Pemeriksaan Demam.

  • Sentuh dahi atau leher orang yang dicurigai mengalami demam. Cara paling umum untuk memeriksa demam tanpa menggunakan termometer adalah dengan menyentuh/merasakan dahi atau leher seseorang untuk memeriksa apabila terasa lebih panas dari biasanya.
  • Gunakan punggung tangan atau bibir Anda karena kulit pada telapak tangan Anda tidak sama pekanya dengan area-area tersebut.
    Jangan memeriksa/merasakan pada bagian tangan atau kaki untuk memeriksa demam, sebab bisa saja temperatur badan seseorang terasa dingin sementara pada kenyataannya temperatur tubuhnya tinggi.
  • Ingatlah selalu bahwa cara ini adalah tahap pertama untuk mengetahui bila mungkin ada sesuatu yang salah, tetapi cara ini tidak dapat memberitahu Anda secara akurat bilamana seseorang sedang mengalami demam tinggi-berbahaya. Kadang-kadang kulit seseorang mungkin terasa dingin dan lembab ketika mereka mengalami demam tinggi, sebaliknya kadang-kadang kulit seseorang terasa sangat panas sekali pun mereka tidak mengalami demam.
  • Pastikan untuk memeriksa temperatur kulit orang yang dicurigai mengalami demam dalam ruangan yang tidak terlalu panas atau dingin, kemudian jangan memeriksa temperatur segera setelah orang tersebut berkeringat karena beraktivitas.
  • Periksalah apabila kulit orang tersebut mengalami “kemerahan” atau menjadi merah. Demam biasanya menyebabkan kulit pipi dan wajah seseorang menjadi merah. Namun, hal ini mungkin akan lebih sulit dilihat pada orang berkulit gelap
  • Periksalah bilamana terdapat kelesuan. Demam seringkali diikuti dengan kelesuan atau kelelahan hebat, contohnya bergerak atau berbicara dengan pelan atau penolakan untuk bangun dari tempat tidur.
  • Anak-anak yang mengalami demam mungkin mengeluh merasa lemah atau lelah, menolak untuk pergi keluar dan bermain atau kehilangan nafsu makan.
  • Rasa sakit pada otot dan tulang sendi juga sering terjadi pada waktu yang sama ketika demam datang.
  • Sakit kepala juga umumnya dialami saat mengalami demam.
  • Periksalah jika orang yang tersebut mengalami dehidrasi. Saat orang mengalami demam, akan mudah baginya kehilangan cairan tubuh. Tanyakan apabila mereka merasa sangat kehausan atau jika mulut mereka terasa kering.
  • Jika air seni orang berwarna kuning cerah, hal ini dapat menjadi indikasi bahwa dia sedang mengalami dehidrasi dan mungkin sedang mengalami demam
  • Mual adalah gejala utama dari demam dan penyakit lain seperti flu. Berikan perhatian jika orang tersebut mengalami mual atau muntah, serta tidak dapat menerima asupan makanan.
  • Perhatikan jika tubuh menggigil dan berkeringat. Temperatur tubuh saat demam (dapat) menjadi naik-turun, karena itu biasanya ia menggigil dan merasa dingin, meskipun orang lain dalam ruangan yang sama merasa biasa saja.
  • Tubuh dapat merasakan panas dan dingin secara berselang-seling sebagai akibat dari demam. Sebagai akibat dari temperatur tubuh Anda naik dan turun, biasanya Anda menggigil dan merasa sangat dingin, meskipun orang lain di sekeliling Anda merasa biasa saja.
  • Tangani segala kejang demam yang berlangsung kurang dari tiga menit. Kejang demam adalah keadaan gemetar mendadak yang terjadi baik sebelum atau ketika seorang anak memiliki temperatur yang tinggi. Sekitar 1 dari 20 anak-anak di bawah umur 5 tahun akan mengalami kejang demam pada suatu ketika. Walaupun akan sangat membingungkan bagi Anda ketika anak Anda mengalami kejang demam, kejang demam tidak mengakibatkan kerugian yang permanen pada anak Anda. Untuk menangani kejang demam
  • Tempatkan anak Anda pada sisi badannya pada tempat yang bebas atau pada area di atas lantai.
    Jangan mencoba memegangi anak Anda selama kejang dan jangan mencoba menaruh apa pun dalam mulut anak Anda selama kejang karena mereka tidak akan menelan lidah mereka.
    Dampingi anak Anda sampai 1-2 menit setelah kejang berhenti.
    Baringkan anak Anda pada sisi badannya dalam posisi pemulihan sementara ia pulih.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s